Wednesday, August 24, 2016

Istilah-istilah dalam Geologi Bagian 1

Bagi anda para geologist mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah di bawah ini semoga bermanfaat, berikut penjelasannya:

Bar
Bar adalah endapan yang biasanya terdiri dari pasir dan/atau kerikil, yang terbentuk dari pengendapan dan aktifitas berulang dari sedimen oleh arus dan/atau gelombang. Bar biasanya terjadi di sungai, muara sungai, dan di perairan lepas pantai.

Ball Mill
Ball Mill adalah perangkat/alat yang digunakan untuk mengurangi (reduced) ukuran partikel, bahan kimia kering, bijih hasil penambangan, dan bahan padat lainnya.

Back arc
Back arc adalah wilayah tektonik pada bagian sisi darat dari busur vulkanik.

Batubara
Batubara adalah material bersifat karbon dan terjadi secara alamiah. Bisa juga berarti batuan bersifat karbon berbentuk padat, rapuh, berwarna coklat tua sampai hitam, dapat terbakar, yang terjadi akibat perubahan/pelapukan tumbuhan secara kimia dan fisik. Batubara dapat dibeda-bedakan menurut jenis tumbuhan pembentuknya, peringkat metamorfosisnya dan tingkat bahan pengotornya.

Bahan berbahaya dan beracun (B3)
Bahan berbahaya dan beracun (B3) adalah bahan yang karena sifat, konsentrasi, jumlah, secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemari dan atau merusak lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta mahluk hidup lain.

Bahan peledak
Bahan peledak adalah senyawa kimia yang dapat bereaksi dengan cepat apabila diberikan suatu perlakuan; menghasilkan sejumlah gas bersuhu dan bertekanan tinggi.
Load disqus comments

0 comments